Kamis, 08 Maret 2012

Wanita terindah dalam hidupku




Siang ini, aku melihat status temanku yang bertuliskan Happy International Women’s Day. Ya, hari wanita sedunia tepat jatuh pada tanggal 08 maret tiap tahunnya. Tiba-tiba aku terdorong untuk menuliskan sesuatu yang sudah lama kupendam sendiri. Perasaan untuk satu-satunya wanita paling berharga dalam hidupku. Siapa lagi kalau bukan umi.

Umi,
Beliau lah wanita paling tulus yang pernah kutemui. Tulus memberikan seluruh waktunya hanya demi kami, anak-anaknya. Beliau lah wanita terindah dalam hidupku. Indah dengan senyumnya yang menghiasi hari-harinya sepanjang masa. Beliau lah wanita tersabar yang pernah ada. Sabar menghadapi kemelut masalah dalam rumah tangganya. Sabar menghadapi suami yang terkadang membuatnya menangis menahan amarah. Sabar menghadapi kebohongan anaknya hanya dengan senyuman. Sabar menghadapi sulitnya kehidupan hanya dengan dzikir-dzikir malam yang dipanjatkan.
Umi,
Dengan bahagianya engkau tersenyum menghitung jumlah anak-anakmu yang begitu banyak. Tak peduli berapa pun penghasilan yang kau dapat. Sebanyak apapun peluh yang kau cucurkan. Bagimu anak-anakmu sehat setiap harinya.
Engkau bukanlah dilahirkan dari keluarga berada. Bukan juga dibesarkan dengan pendidikan tinggi. Tapi engkau tak pernah mampu membiarkan anak dan suamimu kesusahan. Tak mampu melihat anak-anakmu tak mengenyam bangku pendidikan.
Umi,
Maafkan aku yang belum mampu bersikap jujur dan terbuka terhadapmu. Maafkan aku yang terkadang membohongimu dan membuat air mata jatuh di kedua belah pipimu. Maafkan aku yang hanya memiliki otak pas-pasan dan belum mampu berdiri tanpa biayamu. Maafkan aku atas semua perlakuan tidak baikku. Maafkan aku atas rasa sakitmu ketika pertama kali aku menghirup udara dunia. Maafkan aku yang membuatmu sakit berulang-ulang.
Sungguh, aku tak mampu melihat semua itu. Sungguh aku berdosa. Tapi sesungguhnya aku mencintaimu lebih dari apapun. Lebih dari diriku sendiri.
I LOVE YOU, UMI..
SO MUCH….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mampir yuk..
kasih komen, saran, kritik, atau makanan juga boleh
^.^