Jumat, 29 Juni 2012

3 pantai menakjubkan di indonesia

Kalau ngomongin pantai, banyak orang yang menyebutkan pantai kuta bali, pantai parangtritis dan beberapa pantai lainnya. Pernah gak sih berpikir kalo masih banyak pantai di indonesia yang belum terjamah oleh kita. Pantai yang punya keunikan dan pemandangan yang bisa dibandingin dengan pantai-pantai terkenal lainnya seperti di luar negeri, mungkin pantai di Hawaii..

Terkadang kita berpikiran, bahwa berkunjung ke luar negeri atau mengunjungi wisata di luar negeri seperti pantai dsb jauh lebih baik dan berkesan. Hello.. kita negara kepulauan bung !!

Kita dikelilingi lautan yang Maha luasnya. Pastinya kita punya pantai yang Maha indahnya dibandingkan dengan pantai di luar negeri sana. Hanya saja patut ditebalkan ya karena buatku indonesia itu jauh lebih menyenangkan dan lebih berkesan. Lebih-lebih lah pokoknya. Cuma kita gak tahu aja.

Di sini aku mau sedikit memberi gambaran buat tiga pantai yang unik, viewnya oke dan belum sering terekspose.

Yang pertama adalah Pantai Sumur Tiga. 

Pantai yang terletak di daerah baratnya indonesia ini merupakan salah satu kawasan wisata di Sabang Tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang. Ada pendapat yang menyebutkan bahwa belum bisa dikatakan berkunjung ke sabang kalau belum mengunjungi pantai ini. Pantai dengan lukisan alam yang menakjubkan yang belum tentu ditemukan di pantai lainnya. 

 Untuk menuju pantai ini gampang-gampang susah loh. Dari Banda Aceh, menyeberanglah ke Kota Sabang dengan kapal Feri BRR agar hemat biaya. Feri berangkat dari Pelabuhan Uleu Leu di Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan di Pulau Weh dengan biaya Rp 18.500 sudah termasuk asuransi. Dari Pelabuhan Balohan, terdapat banyak becak motor atau angkutan yang bisa ditawar untuk mengantarkan ke Pantai Sumur Tiga. Jika ingin menginap di Pantai Sumur Tiga, ada beberapa penginapan yang termasyur antaranya Santai Sumur Tiga dan Casanemo. Pasir putih, air laut yang menggoda, dan lambaian pohon kelapa, akan menjadi suguhan utama saat Anda berkunjung ke Pantai Sumur Tiga. Disebut Pantai Sumur Tiga, karena terdapat tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantainya. Pantai ini pun sangat bersih, dijamin Anda tidak akan menemukan secuil sampah pun saat mengelilingi pantainya. Pantai Sumur Tiga memang layak sebagai tempat berlibur Anda. Tidak banyak orang yang berlalu lalang, apalagi tenda-tenda atau warung yang menjajakan dagangan. Suasana yang tenang dan selaras dengan alam, menjadi refleksi atas kejenuhan Anda sehari-hari.


Yang kedua adalah Pantai Ora. 

Pantai ini berada di timur indonesia. Pantai ini punya keunikan tersendiri berupa resor berbentuk rumah panggung dengan material kayu yang berdiri di perairan pantai . Suasana penginapan dan lingkungannya sangat nyaman sehingga cocok menjadi tempat bersantai sambil menenangkan pikiran. Pada bagian bawah penginapan, kita bisa menikmati pemandangan berupa terumbu karang dan ikan karang beraneka warna yang menghiasi dasar laut. Amazing… 

Salah satu penginapan yang tersedia bernama Ora Beach Resort. Selain melakukan kegiatan snorkeling, kita bisa pula melintasi Sungai Salawai untuk menyaksikan proses pembuatan sagu, pengambilan buah kelapa, atau melihat ragam jenis burung di muara sungai Teluk Sulaiman. Kita juga bisa melakukan trekking menyusuri hutan di Sawai menuju Pusat Pendidikan dan Rehabilitasi Satwa di Dusun Masihulan, Sawai, dimana pengunjung bisa menemukan penangkaran burung kakaktua seram dan nuri seram. Dengan seluruh keindahan yang ditawarkan di pantai ini, pantai ini sudah seperti surga dunia layaknya pantai hawaii atau maladewa. So, buat apa lagi ke luar negeri???

 

Yang ketiga adalah Pantai Slopeng.

 

Dibandingkan dengan kedua pantai yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Pantai ini berada di tengah indonesia. Pulau madura. Kalau pantai sebelumnya cukup dikenal, pantai ini jarang sekali dikenal di telinga kita. Kawasan pantai ini terletak di jalan raya Ambunten km 17 Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep, yang berjarak 197 km dari kota Surabaya. Dari Surabaya, dengan sudah adanya jembatan Suramadu pun, lokasi pantai Slopeng ini bisa dibilang sangat jauh untuk dijangkau. Sekitar 160-180km dijangkau dari sisi manapun. Lokasinya berada dipesisir pantai sebelah utara kota Sumenep. Dari kota Sumenep, ambil jalan keutara, arah ke Bangkalan/Surabaya melalui jalur utara. Maka kurang lebih 20km perjalanan meninggalkan kota Sumenep Anda akan melewati daerah wisata ini. Pantai Slopeng ini memiliki pasir putih (tentu saja itu artinya berwarna kuning) yang semi padat, dimana di belakangnya masih dikelilingi oleh bukit kecil batuan khas pulau madura. Pepohonan semacam palem (saya tidak tahu namanya) menghiasi pesisir pantainya. Lautnya berwarna hijau kebiru-biruan dengan disemarakkan oleh puluhan perahu nelayan yang melempar sauh ditengah sana membuat suasana semakin indah. Garis pantainya sangat panjang sebenarnya, sepanjang lintasan didaerah ini memiliki kondisi pantai yang sama indahnya. Sedangkan fasilitas yang terdapat di pantai slopeng seperti, olah raga air, perahu layar tempat beistirahat atau bersantai, panggung gembira, pesanggerahan, tempat bermain anak, kamar mandi dan toilet. Sayangnya, keindahan pantai dan fasilitas yang ada tidak disertai oleh perawatan yang setimpal sehingga terlihat bangunan-bangunan pendukung yang lumayan bagus saat ini sudah tampak kerusakan disana-sini. 

 

Udah cukup banyak kan yang saya bagikan di sini. Mulai dari sekarang ganti yuk mindset kita yang selalu menyanjung keindahan luar negeri. Panorama indonesia itu udah jadi incaran turis asing. Masa turis lokal malah pengennya berkunjung ke luar negeri sih????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mampir yuk..
kasih komen, saran, kritik, atau makanan juga boleh
^.^