Selasa, 22 Mei 2012

Perawatan Rambut Untuk Wanita Berjilbab





Beberapa masalah yang kerap dikeluhkan wanita berjilbab adalah rambut berketombe dan rontok. Maka dari itu, kita harus memberikan perawatan rambut lebih ekstra. Berikut ini beberapa tips perawatan untuk kamu yang mengenakan jilbab agar rambut dan kulit kepala tetap sehat.

KENALI TIPE RAMBUT KAMU

Pastikan kamu mengenakan jilbab ketika kondisi rambut dalam keadaan kering. Rambut yang lembap dan berminyak menjadi tempat favorit jamur penyebab ketombe loh. Gunakan conditioner hanya di daerah ujung rambut. Selain menghindari meningkatnya kadar kelembapan rambut kamu, fungsi conditioner juga untuk mengatasi rambut kering yang rapuh.

Selain ketombe, masalah umum rambut kering adalah kerontokan. Rambut yang kering, ketika bergesekan dengan kain jilbab akan rontok. Solusinya, gunakanlah shampo untuk rambut kering, dan creambath secara teratur. Jangan lupa gunakan jilbab dengan bahan halus yang tidak terlalu keras menggesek rambut.

Hindari penggunaan jilbab dalam keadaan rambut basah. Pertama, rambut yang basah lebih rapuh daripada rambut kering. Terlalu banyak gesekan pada rambut basah bisa mengakibatkan mudah rontok. Kedua, rambut yang lembab tertutup menjadi tempat favorit munculnya ketombe. Ketiga, rambut basah yang menjadi lembap saat ditutup dengan kain bisa menyebabkan bau tidak sedap saat jilbab Anda dibuka. Jika terburu-buru, gunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut.

CARA MENGGUNAKAN JILBAB

Gunakan jilbab berbahan mudah menyerap keringat dan memiliki pori-pori besar. Gunakan pula lapisan dalam jilbab yang tidak terlalu sempit dan menekan rambut. Pilih lapisan dalam yang nyaman dengan bahan yang tidak membuat kulit kepala mudah panas. Beri ruang untuk rambut dan kulit kepala bernapas. Sirkulasi udara yang baik, bisa membantu membuat rambut dan kulit kepala lebih sehat.

Hindari juga mengikat jilbab di bagian leher yang akan menghambat sirkulasi udara ke kepala. Sirkulasi udara yang baik akan membuat rambut dan kulit kepala lebih sehat.

Perhatikan warna jilbab yang kamu gunakan. Hindari jilbab yang berwarna gelap. Jilbab berwarna gelap menyerap panas secara maksimal dan memicu produksi keringat yang membuat rambut lembab. Gunakan warna terang lebih sering dan bahan yang mudah menyerap keringat agar kulit kepala lebih sehat.

PERAWATAN

Jangan lupa menjaga kebersihan dan membersihkan rambut dan kulit kepala secara teratur minimal 2x sehari. Kenali shampo yang tepat untuk jenis rambut Anda untuk hasil yang maksimal. Shampo yang memiliki ekstrak lidah buaya membantu metabolisme dan merangsang pertumbuhan dan regenerasi sel-sel kulit rambutmu.

Setiba di rumah, lepas jilbab Anda untuk memberi kepala kesempatan untuk bernapas. Ritual kecil yang simpel ini berpengaruh besar pada kesehatan rambut Anda. Memberikan udara segar pada rambut bisa membantu mengurangi kelembapan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan dan ketombe.

Selain itu, usahakan untuk tidak mengikat rambut terlalu ketat saat mengenakan jilbab. Tarikan yang kuat pada kulit kepala bisa membuat rambut rapuh. Pilih pengikat rambut dengan bahan yang lembut untuk mengurangi ketegangan saat mengikat rambut. Gunakan penjepit rambut untuk membantu menjaga kerapihan rambut.

Kesehatan rambut Anda sangat bergantung pada seberapa besar usaha untuk menjaganya. Untuk membuat rambut sehat dari dalam, jangan lupa konsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B-6, B-12, asam lemak omega-3, zinc, protein, dan vitamin C. Makanan seperti ikan salmon, kacang-kacangan, tiram, sayur bayam serta pisang bisa membantu menambah nutrisi rambut secara alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mampir yuk..
kasih komen, saran, kritik, atau makanan juga boleh
^.^